Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami?

Ketika banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami yang benar-benar efektif dan tidak akan meninggalkan bekas yang membuat percaya diri hilang? Tentunya jawaban dan cara yang digunakan oleh masing-masing individu akan berbeda. Perbedaan itu umumnya berkaitan dengan banyak hal. Ketika Anda mengalami jerawat dan ingin menghilangkan bekasnya maka Anda harus mengenali berbagai hal terlebih dulu tentang jerawat agar jerawat yang Anda alami akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Apa penyebab timbulnya jerawat?

Ketika Anda memilih bahan alami ataupun kimia sebagai salah satu cara cepat menghilangkan jerawat dan bekasnya, maka harus diketahui dulu apa yang menyebabkan Anda mengalami jerawat tersebut. Ada beberapa penyebab munculnya jerawat, diantaranya:

  1. Stres psikis. Pernahkah terpikir di benak Anda ketika merasa stres atau mendapat tekanan baik dari lingkungan pekerjaan atau keluarga yang membuat Anda lelah, efek yang dapat ditimbulkan adalah munculnya jerawat. Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang menderita stres, kondisi metabolisme dalam tubuhnya menjadi tidak stabil dan efek yang mudah terlihat adalah munculnya jerawat.
  2. Kondisi hormon yang tidak stabil. Pada wanita yang hendak mengalami menstruasi, ketidakstabilan hormon estrogen, FSH, dan progesteron sering terjadi dan umumnya dikenal sebagai PMS (pre menstrution syndrome).
  3. Pengaruh polusi udara. Saat seseorang baik pria atauun wanita sering berada diluar ruangan, polusi udara berupa debu atau asap kendaraan bermotor akan menutup pori kulit sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  4. Pola makan yang salah. Terkait dengan stres, seseorang akan makin mudah menderita jerawat ketika banyak mengkonsumsi makanan berlemak akibat pori-pori kulitnya tertutup oleh komponen kolesterol.

Jenis jerawat dan cara mengatasinya

Ketika Anda ingin menggunakan suatu bahan alami sebagai cara cepat menghilangkan jerawat dan bekasnya, maka Anda juga harus mengenali tipe jerawat yang Anda alami. Ada beberapa tipe jerawat yang dapat terjadi berdasar jenis kulit yang dimiliki oleh kebanyakan orang di area tropis, seperti:

  1. Jerawat batu. Jerawat yang terjadi akibat tumpukan kotoran di pori-pori kulit dan mengeras, umumnya ketika dikeluarkan akan berwarna hitam dan teraba seperti pasir.
  2. Jerawat nanah. Jerawat yang terjadi akibat reaksi inflamasi pada kulit karena pada saat jerawat terjadi, penanganan yang diberikan tidak tepat.
  3. Jerawat meradang. Jerawat yang akan terus menerus terjadi pada tipe kulit tertentu seperti kulit sensitif atau berminyak yang tidak mendapat penanganan tepat atau akibat pengaruh bakteri, umumnya jerawat yang terjadi juga mengandung nanah.

Obat alami menghilangkan bekas jerawat

Ada berbagai cara alami hilangkan bekas jerawat yang dapat Anda coba di waktu luang Anda sehingga disamping dapat mencegah jerawat muncul kembali, Anda sekaligus dapat menghilangkan bekas jerawat yang ada, antara lain:

Putih telur dan madu

Anda dapat memecahkan telur dan mengambil putih telurnya, kocok sedikit putih telur kemudian campurkan 2 sendok teh madu. Gunakan campuran kedua bahan tersebut sebagai masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan sore hari. Selain menghilangkan flek hitam bekas jerawat, kedua bahan ini akan mengencangkan kulit Anda yang mulai memperlihatkan kerutan.

Bengkoang, lemon dan madu

Anda dapat juga mengkombinasikan 30 gram bengkoang yang diparut, 20 ml air lemon, dan 1 sendok madu sebagai salah satu cara cepat menghilangkan jerawat dan bekasnya yang efektif. Kombinasi ketiga bahan tersebut akan mengobati jerawat batu dan bekasnya. Kandungan antioksidan dalam bahan bengkoang dan lemon akan menutrisi kulit. Selain itu kandungan vitamin dan anti-inflamasi pada lemon akan mencegah peradangan yang terjadi pada pori kulit berlanjut.

Bawang putih dan madu

Ketika Anda mengalami jerawat meradang dan bekas yang terasa sulit dihilangkan maka Anda dapat mencoba mencampurkan 20-30 gram bawang putih yang sudah dihaluskan dengan sesendok madu. Anda dapat mengoleskan pasta bawang putih pada jerawat yang Anda derita, lakukan secara teratur setidaknya 2 kali sehari setelah mandi. Untuk jerawat meradang, ketika mengoleskan pasta sebaiknya gunakan saringtangan untuk menghindari infeksi dan kompres wajah dengan air hangat 5-10 menit setelah pengobatan.