Kelakuan Orang Sukses

Orang yang sukses dan orang yang (belum) sukses tentu mempunyai perbedaan, terutama di pola pikir mereka. Orang sukses tentu mempunyai pola pikir yang lebih maju dan visioner. Sukses disini bukan hanya pada hal finansial saja. Karena untuk dikategorikan sebagai orang sukses tidak hanya melulu soal banyak uang, tetapi banyak hal lain yang bisa dijadikan tolak ukur untuk bisa disebut “sukses”. Dan berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh orang sukses berdasarkan perspektif dan opini saya.

Orang sukses tahu apa yang mereka inginkan

Hal ini sepertinya sepele namun jarang dimiliki oleh orang yang (belum) sukses. Mengapa? Karena sudah dianggap sebagai hal yang sepele, kurang begitu mendesak dan tidak dijadikan sebagai prioritas. Sebaliknya, orang sukses selalu tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan. Karena setelah mengetahui apa yang diinginkan, mereka akan segera take action untuk segera mendapatkannya. Ya, se-simple itu saja.

Nah, jika Anda belum yakin tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup, bisnis, karir dan lainnya, Anda bisa membaca beberapa referensi dan juga bertanya pada diri sendiri tetang apa yang diri Anda inginkan sehingga Anda akan mendapatkan kejelasan dan bisa fokus.

Orang sukses itu suka membaca dan selalu belajar

Mungkin Anda pernah mendengar ada pepatah yang mengatakan “pemimpin besar adalah pembaca yang baik”. Dan ternyata itu benar. Para pemimpin besar dan orang sukses adalah mereka yang gemar membaca dan belajar. Karena kita semua tahu bahwa dengan membaca dapat membuka wawasan dan juga ilmu pengetahuan.

Sejak kecil orang sukses sudah sajikan konten tentang kepemimpinan, baik itu buku, film, dan juga keterampilan kepemimpinan alami yang diajarkan oleh orangtuanya. Mengapa? Karena kepemimpinan adalah modal yang sangat penting sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam hidup.

Orang sukses akan membuat hal-hal yang berarti

Salah satu hal penting yang dilakukan oleh orang sukses untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah mereka selalu membuat hal yang mereka lakukan itu berarti. Mereka akan memastikan apapun yang mereka lakukan itu berarti dan belum tentu hal ini ada pada orang yang (belum) sukses.

Selalu bertanya pada dirinya sendiri

Sebelum mereka tahu apa yang mereka inginkan, tentu orang sukses akan bertanya kepada dirinya sendiri. Kebanyakan orang malu melakukan hal ini. Ya, hal seperti bertanya kepada diri sendiri itu termasuk hal yang baru dan jarang dilakukan.

Orang sukses akan segera mengambil tindakan

Setelah mengetahui apa yang mereka inginkan, mereka akan segera take action. Karena mereka percaya bahwa “tahu” saja tidak akan berarti jika tanpa tindakan. Dan saya juga percaya akan hal itu. Ketika goal atau tujuan sudah ditentukan, mereka akan segera mengambil langkah dan tindakan besar untuk mencapainya.

Mengatur waktu dengan baik

Orang sukses sangat memanfaatkan waktu dengan baik. Bagi mereka, setiap detik adalah sangat berharga, dan setiap detik itu pula mereka manfaatkan untuk mengembangkan diri mereka. Bukan berarti semua waktu dalam hidup mereka tidak ada hiburan, namun mereka selalu mengaturnya dengan seimbang. Mana waktu untuk bekerja, mana waktu untuk belajar dan mengembangkan dirinya dan mana waktu untuk hiburan. Mereka mengaturnya dengan baik. Memang, jika Anda belum terbiasa dengan konsep seperti ini, perlu adanya penyesuaian.

Mereka memilih untuk menjadi pemimpin

Orang sukses akan memilih menjadi pemimpin, baik untuk dirinya sendiri, keluarganya dan perusahaan atau bisnis yang ia jalankan. Karena menjadi pemimpin atau dipimpim adalah pilihan, namun seorang pemenang adalah memilih sebagai pemimpin.

Selalu menambahkan nilai atau value

Orang sukses selalu berkontribusi untuk bisa berhasil. Mereka selalu menambahkan nilai untuk kehidupan dirinya dan juga oranglain disekitarnya. Mereka harus melakukan yang terbaik untuk menjadi yang terbaik dan terlahir sebagai pemenang.

Saya harap tulisan ini dapat memicu Anda untuk lebih bersemangat dan bisa mengaplikasikannya agar bisa sukses dalam hal apapun. Hal yang selalu diingat adalah ketika Anda belajar sesuatu harus disertai dengan tindakan yang nyata.