Cara cepat hilangkan jerawat dan bekasnya

Cara efektif menghilangkan bekas jerawat sebenarnya tergantung dari bahan alami apa yang digunakan dalam masa pengobatan jerawat. Ketika Anda bertanya-tanya bahan apa yang sebenarnya dapat digunakan sebagai cara cepat menghilangkan jerawat, maka jawaban yang akan Anda peroleh sebenarnya tergantung dari seberapa serius tipe jerawat yang Anda alami sekaligus jenis kulit Anda. Berikut ada beberapa cara hilangkan bekas jerawat dengan mengenali terlebih dahulu tipe kulit Anda.

Kulit sensitif

Tipe kulit sensitif memiliki beberapa ciri seperti pori kulit yang tipis, wajah sering terdapat bercak kemerahan ketika terkena panas matahari yang cukup terik, dan lebih baik sering dibasuh dengan air dingin untuk menjaga kelembabannya.

Ketika seseorang dengan tipe kulit sensitif kurang mampu menjaga kebersihan kulit wajahnya maka yang dapat dialaminya adalah tipe jerawat meradang atau tipe jerawat bernanah. Jika sudah demikian ada dua macam metode yang bisa digunakan sebagai penghilang bekas jerawat yang dapat Anda gunakan sebagai solusi efektif mengobati bekasjerawat yang Anda alami, yaitu:

Perubahan kebiasaan

Ketika Anda memiliki tipe kulit sensitif maka sebaiknya Anda jangan melakukan kebiasaan seperti memaksa mengeluarkan jerawat dengan tangan, menggunakan sabun pembersih muka yang banyak mengandung busa, menggunakan kosmetik yang memiliki kadar minyak cukup tinggi, serta tidak memberikan pelembab wajah setelah wajah dibersihkan dari kosmetik.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dkhawatirkan akan menutup pori-pori kulit Anda secara perlahan sehingga orang yang memiliki kulit sensitif akan dengan cepat terkena jerawat yang pengobatannya membutuhkan waktu cukup lama.

pembersih bekas jerawat alami

Ketika Anda memiliki tipe kulit sensitif, umumnya kadar air dalam kulit Anda sangat kurang begitu pula kadar minyak dalam kulit ada pada kondisi tidak stabil. Jika sudah demikian yang pastinya Anda perlukan adalah pengobatan dengan menggunakan bahan alami yang mengembalikan kelembaban kulit Anda.

Anda dapat menggunakan kulit timun untuk digosokkan secara teratur 10 menit ketika Anda mengalami jerawat, sehingga lama-kelamaan jerawat mengempis. Anda dapat juga menggunakan alpuka dengan cara menghaluskan 30gram yang dicampur dengan 10ml air lemon dan 1 sendok madu, kemudian menggunakannnya rutin sebagai masker 2 kali seminggu.

Kulit berminyak

Jenis kulit berminyak termasuk jenis kulit yang paling sering bermaasalah dengan tipe jerawat batu, jerawat nanah, atau jerawat meradang. Hal tersebut dikarenakan tipe pori-pori kulit berminyak yang berukuran besar dan memiliki kandungan minyak berlebih pada kelenjarnya sehingga kulit wajah akan selalu terlihat basah. Ketika Anda memiliki jenis kulit berminyak agar Anda terhindar dari jerawat maka lakukan hal-hal berikut.

Pencegah bekas jerawat alami

Cara alami hilangkan bekas jerawat yang dapat diterapkan pada kulit berminyak adalah tidak menggunakan make up atau penggunaan foundation (alas bedak) yang cukup tebal, karena penggunaan benda tersebut pada kulit berminyak akan meningkatkan produksi minyak selain itu pori-pori kulit mudah tertutup oleh kotoran make up.

Ketika Anda berada diluar ruangan dalam situasi panas terik, Anda dapat menggunakan lap atau tisu basah untuk membersihkan wajah Anda. Setelah Anda berada di ruangan yang cukup dingin, beri jarak sekitar 10 menit kemudian basuh wajah Anda dengan air dingin sebelum menggunakan make up kembali.

Seringlah melakukan pemijatan wajah dengan arah putaran searah jarum jam 3-5 menit setelah mandi untuk memperlancar sirkulasi darah di area wajah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami

Seseorang dengan jenis kulit berminyak paling rentan terhadap jerawat dan bekasnya yang sulit dihilangkan. Ketika Anda menderita jerawat, ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara cepat hilangkan jerawat dan bekasnya antara lain:

  • Jahe, jeruk nipis, dan madu
    Ketika Anda mengalami jerawat meradang pada kulit berminyak, Anda dapat menghancurkan 30 gram jahe yang dicampur dengan 20 ml jeruk nipis, dan 1 sendok madu. Oleskan secara teratur 3 kali seminggu untuk meredakan peradangan sekaligus memudarkan bekas jerawat.
  • Jeruk nipis, putih telur, madu
    Jerawat batu pada kulit berminyak dapat diredakan dengan cara menggunakan masker campuran 20ml jeruk nipis, 1 putih telur, dan 1 sendok teh madu secara teratur 2 kali seminggu.

Semoga bahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan dijadikan jalan keluar bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai cara alami hilangkan bekas jerawat.