Cara mencegah jerawat secara alami

Jerawat selalu mendatangkan sejuta masalah baru bagi sang pemilik wajah. Jerawat adalah momok yang tentu akan mengurangi unsur kesempurnaan dari wajah Anda, terutama bila Anda yang hendak menghadiri suatu acara spesial. Jerawat biasanya muncul pada bagian wajah seperti dahi, dagu, hidung atau pipi. Bahkan pada beberapa orang dengan kulit yang kering dan rusak, jerawat dapat datang dan sulit untuk dihilangkan, seperti misalnya jenis jerawat yang benar-benar meradang.

Namun salah satu jenis jerawat yang membandel dan susah untuk diatasi adalah jerawat batu. Selain itu, ada pula jenis-jenis jerawat lainnya yang mungkin penting untuk kita ketahui agar tahu bagaimana cara menyikapinya. Tak hanya itu, artikel ini juga akan membahas tentang cara mencegah jerawat secara alami. Semoga tips dan pembahasan ini akan banyak membantu untuk Anda mengatasi masalah jerawat pada wajah Anda ya!

Jerawat batu dan jenis-jenis jerawat lainnya

Pertama, mari membahas tentang jenis-jenis jerawat yang sering menghampiri wajah. Salah satu jenis jerawat yang paling dihindari dan juga cukup menyebalkan adalah jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang susah untuk diatasi dan kadang cenderung menyakitkan saat sang pemilik wajah memiliki jenis jerawat yang satu ini.

Jerawat batu juga adalah jenis jerawat yang paling mudah terlihat dan susah untuk disamarkan bahkan pada beberapa orang, jerawat batu biasanya memicu jerawat-jerawat lainnya ikut muncul pada kulit wajah. Lalu bagaimana cara mencegah jerawat batu?

Untuk mencegah, akan lebih baik dulu bila kita mengetahui jenis wajah kita dan permasalahannya sejak awal. Jerawat batu biasanya paling rentan datang pada usia puber sekitar 13-18 tahun, sehingga akan lebih baik untuk mencegahnya saat memasuki usia pubertas tersebut. Cara mencegah jenis jerawat batu sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan rajin membersihkan wajah dengan facial foam, pelembab juga pembersih wajah anti jerawat.

Namun pilihkan produk-produk yang tepat dan sesuai dengan usia Anda. Mencegah jerawat batu juga baiknya dengan pencegahan lewat masker atau facial yang cukup rutin. Peranan masker dan facial akan mampu mencegah jenis-jenis jerawat bermunculan terutama jerawat batu.

Selain jerawat batu, ada banyak jenis-jenis jerawat lainnya mulai dari yang bersifat sensitif, kemerah-merahan sampai yang kompleks dan dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Jerawat yang biasanya mudah menghampiri wajah adalah jerawat yang dapat dihilangkan dalam waktu beberapa minggu, berwarna kemerahan dan kecil. Namun tetap saja treatment membersihkannya harus maksimal yaitu dengan memakai obat jerawat juga menjaga kulit agar selalu bersih.

Cara mencegah timbulnya jerawat secara alami

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa cara pencegahan jerawat secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami seperti buah-buahan atau tanaman organik yang hijau. Banyak kandungan hijau atau bermanfaat yang bisa kita aplikasikan seperti misalnya buah-buahan seperti tomat, apel, bayam, jeruk nipis sampai kandungan semacam tea tree oil atau olive oil.

Kandungan-kandungan seperti itu bisa menjadi cara pencegahan jerawat secara efektif dan maksimal. Bahkan kita bisa menemukan banyak produk-produk mengandung bahan-bahan tersebut bila kita merasa tidak punya waktu untuk meracik bahannya secara langsung.

Rajin memijit wajah juga sangat penting untuk menstimulasi wajah tetap rileks dan santai, agar otot-otot wajah tidak tegang dan agar jerawat dapat dicegah untuk datang menghampiri wajah kita. Teknik memijit wajah ini bisa juga disebut massage, yang tentu bisa kita lakukan sendiri atau dengan datang ke pusat kecantikan terdekat. Dengan massage, maka pencegahan jerawat secara alami dapat terbantu.

Namun yang tak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan wajah. Membersihkan wajah setiap hari sangatlah penting bukan saja untuk menghilangkan kotoran yang terserap oleh wajah kita namun juga agar dapat melindungi wajah kita dari efek seperti jerawat, komedo atau minyak berlebihan. Gunakanlah air yang bersih dan pakailah facial foam yang tepat. Dengan rajin membersihkan muka, maka tentu jerawat apapun jenisnya tidak akan mudah menghampiri wajah Anda.