Cara mengatasi laptop yang cepat panas

Ada banyak faktor yang menyababkan laptop cepat panas. Adakalanya laptop dipakai hanya untuk sekedar browsing ringan saja, atau hanya digunakan untuk mengetik tapi laptop selalu cepat panas? Bukan hanya kamu, Saya pun sering mengalami hal yang demikian. Sangat menjengkelkan memang. Namun, kembali lagi ke diri masing-masing, dan timbul pertanyaan, seberapa sering laptop kamu di maintenance (baca: dirawat), misalnya membersihkan laptop dari debu?

Ya, debu dan kotoran merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan laptop cepat panas karena sirkulasi udara yang tidak maksimal akibat kotoran dan debu tadi. Selain itu juga masa penggunaan yang relatif lama juga sangat berpengaruh kepada kondisi suhu laptop, misalnya laptop di nyalakan non-stop selama seharian.

Penyebab suhu laptop menjadi panas dan solusinya:

  1. Sirkulasi udara tidak sempurna
    Biasanya jika laptop diletakkan di tempat yang tidak rata, misalnya diletakkan di atas kasur atau karpet akan menyebabkan sirkulasi udara pada laptop tersebut terganggu dan tidak maksimal. Itu akan menyebabkan suhu laptop cepat panas. Untuk menghindari laptop overhead karena terlalu panas, solusinya: Gunakanlah kipas pendingin / cooling pad untuk menjaga agar suhu laptop normal dan sirkulasi udaranya lancar.
  2. Lamanya pemakaian laptop
    Para gamer atau blogger seperti Saya ini biasanya membiarkan laptop terus menyala seharian, dan alhasil laptop pun menjadi cepat panas. Solusinya: Mematikan laptop jika sudah tidak terpakai dan juga memakai kipas pendingin / cooling pad seperti pada point pertama.
  3. Overclocking
    Overclock disini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja prosesor pada laptop atau PC. Memang kinerjanya menjadi lebih cepat dibandingkan dengan bawaan default, akan tetapi itu akan memaksa prosesor bekerja lebih keras lagi dan hasilnya laptop akan cepat panas. Solusinya: Jika overclocking tidak terlalu dibutuhkan, maka sebaiknya jangan dilakukan, jika tetap melakukan overclocking, pakailah kipas pendingin / cooling pad.
  4. Kotoran dan debu
    Kotoran dan debu biasanya akan masuk lewat lubang sirkulasi udara pada laptop, itu akan menyebabkan laptop cepat panas karena kotoran dan debu tersebut akan menggangu sirkulasi udara serta menempel pada bagian hardware di dalam laptop. Solusinya: Bersihkanlah laptop kamu secara rutin.
  5. Tingkat kecerahan LCD
    Jika LCD laptop kamu terlalu cerah itu akan menyebabkan perangkat cepat panas. Solusinya: Untuk mengurangi kinerja LCD agar tidak cepat panas adalah menurunkan tingkat kecerahannya, itu berguna juga buat mata kamu agar tidak cepat lelah.
  6. Periksa settingan bios
    Kebanyakan laptop zaman sekarang sudah mempunyai settingan untuk performa di bagian bios. Solusinya: Cek kembali settingan di bios kamu, gunakan sesuai kebutuhan saja.

Well, fungsi cooling pad disini sangat penting juga agar menjaga suhu laptop kamu dalam keadaan normal. Selain itu juga perawatan juga berpengaruh, dan juga tingkat kebersihan hardware sangat menentukan pada keadaan suhu laptop. Maka dari itu rawatlah laptop kamu seperti kamu merawat diri sendiri agar keadaan laptop senantiasa dalam keadaan yang baik untuk bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.