Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika

Jarak yang memisahkan dan terbentang jauh antara Indonesia dan Amerika Serikat tentu akan membuat perbedaan waktu yang cukup jauh. Nah, yang membuat unik adalah, ternyata Amerika Serikat mempunyai 4 zona waktu. Hal tersebut tentu berbeda dengan negara kita yang hanya mempunyai 3 zona waktu. Zona waktu Amerika Serikat antara lain Central Standard Time (CST), Eastern Standard Time (EST), Mountain Standard Time (MST) dan Pacific Standard Time (PST).

Perbedaan waktu Indonesia dan Eastern Standard Time (EST)

Sesuai dengan namanya, Eastern Standard Time (EST) berarti hampir meliputi semua negara bagian yang berada di wilayah Pantai Timur. Jika kita bandingkan WIB dan EST, maka selisihnya adalah 12 jam lebih cepat. Jadi, jika di Jakarta pukul 12.00 siang, maka di waktu di New York adalah pukul 00.00 tengah malam. Zona waktu EST mengacu pada sistem zona waktu UTC-5.

Lalu, bagaimana perbedaan waktu antara WITA dan EST? Seperti yang telah kita diketahui bahwa WIB dan WITA mempunyai perbedaan waktu 1 jam. Berarti WITA dan EST mempunyai perbedaan waktu 13 jam lebih cepat. Jadi, jika Bali jam 12 Minggu siang, maka waktu di New York adalah pukul 23.00 Sabtu malam. Sementara itu, sudah pasti WIT dan EST mempunya perbedaan waktu 14 jam. Jika di Papua sekarang jam 12 hari Minggu siang, maka di New York waktu menunjukkan waktu pukul 22.00 Sabtu malam.

Perbedaan waktu Indonesia dan Central Standard Time (CST)

Zona waktu Central Standard Time berlaku di negara-negara bagian yang berdekatan dengan Teluk Meksiko, Lembah Tennessee dan Dataran Raya. Zona waktu CST mengusung sistem UTC-6. Jadi, selisih perbedaan waktu antara WIB dan CST adalah 13 jam. Kita ambil contoh jika di Jakarta sekarang pukul 12.00 siang hari Senin, maka di Minnesota pukul 23.00 malam hari Minggu.

Sementara itu, perbedaan waktu antara WITA dan CST adalah 14 jam. Jadi, jika Denpasar jam 12.00 siang hari Senin, maka di Minnesota pukul 22.00 malam hari Minggu. Berarti perbedaan waktu antara WIT dan CST adalah 15 jam. Kita ambil contoh jika di Jayapura pukul 12.00 siang hari Senin, maka di Minnesota pukul 21.00 malam hari Minggu.

Perbedaan waktu Indonesia dan Mountain Standard Time (MST)

Zona waktu Mountain Standard Time berlaku di negara-negara bagian sekitar area Pegunungan Rocky. Jadi perbedaan waktu antara WIB dan MST adalah 14 jam. Jika di Jakarta pukul 12.00 siang hari Selasa maka di Arizona pukul 22.00 malam hari Senin. Sementara itu, perbedaan waktu Indonesia dan Amerika lainnya yaitu WITA dan CST adalah 15 jam. Jika di Denpasar pukul 12.00 siang hari Selasa maka di Arizona pukul 21.00 malam hari Senin.

Sementara itu, perbedaan waktu antara WIT dan CST adalah 16 jam. Jika di Jayapura pukul 12.00 siang hari Selasa maka di Arizona pukul 20.00 malam hari Senin.

Perbedaan waktu Indonesia dan Pacific Standard Time

Zona waktu ini berlaku di negara-negara bagian yang berdekatan dengan Nevada dan Samudra Pasifik. Perbedaan waktu antara WIB dan PST adalah 15 jam. Berarti jika di Jakarta pukul 12.00 siang hari Senin, maka di Alaska pukul 21.00 malam hari Minggu. Begitu juga dengan WITA tinggal ditambah 1 jam dan untuk WIT ditambah 2 jam.