Timbulnya berbagai penyakit dipicu oleh pola makan

Apa saja makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan, apabila makanan yang sehat tentu tubuh akan ikut sehat juga, begitu juga sebaliknya. Itu berarti, tingkat kesehatan seseorang salah satunya ditentukan dari apa yang ia konsumsi. Karena seringkali berbagai macam penyakit ringan sampai penyakit yang kronis itu salah satunya disebabkan oleh makanan, walaupun dapat dipengaruhi juga oleh faktor lain. Pola makan yang kurang baik juga ikut mempengaruhi.

Rasanya semua orang sudah mengetahui bahwa pola makan yang sehat dan seimbang itu perlu, namun hanya sedikit yang mengaplikasikannya. Ada yang beranggapan bahwa pola makan merupakan hal yang sepele sehingga kurang dijadikan sebagai prioritas.

Itulah sebabnya banyak orang yang mengabaikan pola makan mereka, walaupun mereka sediri sudah mengetahui bahwa hal tersebut kurang baik bagi kesehatan. Akhirnya tingkat kekebalan tubuh pun menjadi lemah dan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh bukan hanya disebabkan karena pola makan saja, namun juga banyak faktor lain yang ikut serta berperan, seperti faktor kelelahan, lingkungan yang kurang sehat, stres, dll. Kembali lagi kepada bahasan kita, bahwa pola makan yang sehat dan baik merupakan kunci bagus atau tidaknya tingkat kesehatan seseorang.

Terkadang kira sering mendengar beberapa penyakit yang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Padahal jika kita berpikir berdasarkan logika, semua penyakit tentu ada penjelasan dari sisi ilmiahnya. Jika suatu penyakit belum diketahui penyebabnya, bagaimana caranya kita bisa menghindari penyakit tersebut?

Kuman, virus, bakteri dan mikroorganisme lain dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita melalui media yang sangat potensial, yaitu makanan. Maka dari itu, walaupun tubuh kita secara alamiah sudah dipersenjatai dengan kemampuan luar biasa untuk dapat bertahan dari berbagai macam benda/zat asing pada makanan, namun tetap kita harus tetap senantiasa menjaga kebersihan karena pertahanan tubuh manusia mempunya batasan.

Selain itu, timbulnya berbagai macam penyakit yang kronis dan berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit lainnya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Salah satu contoh dari gaya hidup yang kurang baik adalah pola makan yang sembarangan.

Lantas, pola makan seperti apa yang baik? Pola makan yang baik adalah bagaimana cara kita “memilih” makanan. Sebagai contoh, jika seseorang terlalu sering mengkonsumsi daging dan jarang sekali mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai pola makan yang kurang baik.

Baik atau tidaknya pola makan juga dipengaruhi bagaimana cara Anda mengunyah makanan, cara mengkonsumsinya, serta tidak ketinggalan juga kuantitas makanan itu sendiri. Terdengar seperti hal yang agak sulit jika harus menyeimbangkan semua aspek tersebut, namun itulah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.