Tips Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis

Seperti yang telah kita ketahui, perkembangan Android beberapa tahun ke belakang sangatlah pesat, ini ditandai dengan banyaknya perangkat seperti telepon pintar (smartphone), komputer tablet, dll yang sudah menggunakan Android sebagai sistem operasi nya. Tak heran, banyak produsen besar seperti ASUS, SAMSUNG, LG, dll yang memakai Android sebagai sistem operasi mereka.

Disamping itu juga, banyak kemudahan yang di tawarkan Android, diantaranya para user dapat dengan mudah mengunduh berbagai aplikasi di Google Play Store, apalagi banyak aplikasi tersebut yang dapat diunduh secara gratis. Nah, seiring dengan banyaknya aplikasi yang di install di perangkat Android, maka secara otomatis membuat pemakaian baterai menjadi cepat habis. Lalu, bagaimana agar baterai tidak cepat habis? 

Berikut adalah beberapa Tips Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis:

  1. Pengaturan Brightness/contrast.
    Centanglah pada pilihan automatic brightness, maka layar perangkat anda akan secara otomatis menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang ada pada lingkungan perangkat anda, nah hal ini bisa membantu mengurangi kinerja baterai.
  2. Koneksi Internet
    Ya, koneksi internet sangat menguras kinerja baterai, apalagi jika perangkat berada di daerah yang coverage sinyal nya kurang begitu bagus, ini menyebabkan baterai perangkat anda akan lebih cepat habis, maka alangkah baiknya jika koneksi internet digunakan hanya pada saat anda benar-benar membutuhkannya saja.
  3. Matikan services yang berjalan di background
    Meskipun tidak membuka sebuah aplikasi dan menutupnya kembali, terkadang masih ada services dari aplikasi yang masih berjalan di background, dengan kata lain aplikasi tersebut masih berjalan, namun tidak terlihat. Nah, hal ini membuat daya baterai menjadi cepat habis, karena services sekecil apapun membutuhkan daya. Maka dari itu, matikan services atau aplikasi yang tidak di butuhkan, dengan cara: masuk ke settings > apps > running services dan matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  4. Persingkat time-out layar 
    Ya, kembali lagi ke masalah layar, dan sekarang aturlah time-out layar menjadi sesingkat mungkin, tapi terlalu singkat juga tidak nyaman, ya dalam artian disesuaikan dengan kebutuhan saja, misalnya 15 detik. Caranya: masuk ke setting > display > sleep.
  5. Pakailah aplikasi tambahan (battery utilities) 
    Untuk membantu mempertahankan kinerja baterai agar tetap awet, misalnya DX Battery Save yang bisa di unduh dari Google Play Store.
  6. Matikan fitur GPS atau Current Location dan application sync 
    Biasanya dari aplikasi bawaan Google  dan social media seperti Facebook, Foursquare, Path, Instagram, Twitter, dll.
  7. Pakai earphone 
    Jika hendak mendengarkan musik, diusahakan menggunakan earphone dengan volume yang sedang, itu akan lebih menghemat daya. Sekedar informasi, jika anda hendak mendengarkan musik, usahakan volume maksimal adalah 50%, jika lebih dari 50% volume suara, dan di dengarkan lebih dari 90 menit, maka telinga anda akan mengalami stress, dan jika dibiarkan terus menerus dan berulang-ulang, maka kemampuan pendengaran anda akan mengalam penurunan.
  8. Matikan fitur live wallpaper 
    Ya, walaupun memakai live wallpaper tampilan Android lebih bagus, tapi itu lumayan memakan banyak resource baterai, jadi jika ingin sedikit lebih hemat, pakailah wallpaper yang biasa saja.
  9. Matikan bluetooth dan Wi-Fi 
    Sering kali anda lupa dan mengabaikan ketika sudah transfer file tapi bluetooth nya masih menyala, padahal ini lumayan memakan resource baterai.