Tips mengatasi Android yang lemot

Tips mengatasi Android yang lemot –  Android sekarang menjadi salah satu platform yang banyak digunakan di dunia, termasuk juga di Indonesia. Terlebih lagi sekarang harga handset Android yang dipatok murah tetapi tidak murahan dan sudah sepaket dengan spesifikasi yang mempuni menjadikan Android sangat disambut baik oleh pangsa pasar. Samsung, Asus, Acer, LG, HTC adalah beberapa produsen besar yang memakai Android untuk sistem operasi smartphone yang mereka keluarkan. Namun di tengah ke populeran Android tersebut, banyak ditemukan bahwa perangkat Android berjalan sangat lambat dan lemot. Lalu, bagaimanakah tips mengatasi android yang lemot ?

Dan berikut adalah penyebab perangkat Android kamu menjadi lemot diantaranya:

  • Aplikasi yang berjalan di background
    Terdapat beberapa aplikasi yang berjalan di background, artinya aplikasi tersebut berjalan tanpa sepengetahuan kita karena tidak terlihat. Solusinya adalah dengan mematikan aplikasi tersebut.
  • Tidak memakai ROM bawaan/standar
    Para produsen telah memasang ROM yang telah di sesuaikan dengan perangkat kamu dengan terlebih dahulu melakukan serangkaian pengujian tentunya. Maka, jika kamu memakai ROM yang bukan bawaan dari pabrikan, itu adalah salah satu faktor mengapa perangkat Android kamu menjadi sangat lambat dan berat karena ROM yang kamu pakai tidak sesuai dengan hardware. Selain faktor ketidak sesuaian hardware, bisa saja ROM yang kamu instal berisi malware dan virus yang berbahaya, sehingga Android kamu menjadi lambat. Maka disarankan untuk memakai ROM bawaan (standar) saja.
  • Perangkat hardware low-end
    Jika kamu menginstall banyak aplikasi sedangkan perangkat kamu low-end (spek rendah) maka Android kamu akan berjalan sangat lambat. Maka, install lah hanya aplikasi yang benar-benar diperlukan saja.
  • Terlalu banyak aplikasi
    Ya, dengan banyaknya aplikasi yang terisntall maka akan mempengatuhi kinerja sistem karena keterbatasan RAM dan juga prosesor.

Dan berikut adalah tips mengatasi android yang lemot:

  1. Matikan fitur live wallpaper
    Dengan adanya fitur live wallpaper ini Android kamu terlihat lebih menarik dengan tampilan wallpaper yang bergerak, namun itu akan memperlambat kinerja Android kamu karena cukup banyak mengkonsumsi RAM serta prosesor. Maka kamu tinggal pilih antara tampilan bagus tapi agak lambat atau tampilan biasa-biasa saja tapi lebih performa lebih ringan dan juga irit battery, itu tergantung selera juga sih.
  2. Batasi penggunaan widget
    Dengan adanya widget yang terus menerus mengupdate informasi seperti widget cuaca itu akan membuat kinerja Android kamu menjadi lambat dan juga pemborosan bandwidth.
  3. Tutup aplikasi yang berjalan di background
    Ada beberapa aplikasi yang berjalan di background, artinya aplikasi tersebut berjalan tanpa sepengetahuan kita dan tidak terlihat. Dan hal itu cukup menguras kinerja memory dan juga prosesor sehingga menyebabkan kinerja Android kamu menjadi lambat dan berat.
  4. Matikan auto update apps
    Disarankan untuk mematikan fitur ini karena akan membebani perangkat Android kamu, selain membebani kinerja juga memboroskan penggunaan bandwidth.
  5. Matikan fitur auto rotate
    Fitur ini akan menyebabkan perangkat Android kamu menjadi lag karena fitur tersebut akan merubah posisi sesuai dengan genggaman di tangan yaitu antara landscape dan portrait.
  6. Matikan fitur auto brightness 
    Kebanyakan fitur Android yang sekarang sudah mempunyai ambient light sensor yang memungkinkan perangkat Android akan secara otomatis memeriksa kondisi cahaya di sekelilingnya. Akan tetapi fitur tersebut akan membebani kinerja ponsel Android kamu.

Kesimpulan

Ada beberapa fitur yang terdapat di Android yang dapat menyebabkan kinerja sistem menjadi lambat dan berat. Alangkah baiknya untuk mematikan fitur-fitur yang sudah di sebutkan diatas. Adapun penyebab terjadi nya perangkat menjadi lambat adalah ukuran kapasitas memory dan juga prosesor.