Tips Menjaga dan Mengamankan Data Smartphone Android

Tahun 2013 emang jadi ajangnya Google dan Android dalam dunia mobile platfrom untuk unjuk gigi. Bukan artian unjuk gigi itu buka mulut lalu memunculkan gigi-gigi taringnya yang tajam layaknya seekor ikan hiu, tetapi maksudnya adalah menjadi platform sistem operasi mobile nomor satu di dunia.

Selain karena platform Android memang berbasis Linux yang open source dan semua orang dari semua kalangan bebas memodifikasi Sistemnya, Android juga bisa diandalkan dalam urusan menyimpan data walau tak sebaik smartphone BlackBerry yang memang dikhususkan untuk kalangan enterprise dan juga Windows Phone yang merupakan platform mobile buatan Microsoft milik Bill Gates yang juga memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Dan kali ini Digiyan.com akan sedikit berbagi tips menjaga dan mengamankan data pada smartphone Android yang memang sistem Android adalah sistem yang cukup rawan dalam masalah keamanannya.

1. Hindari Memasang Aplikasi Tak Dikenal

Tips yang pertama adalah Hindari memasang aplikasi tak dikenal. Tidak semua aplikasi Android dibuat oleh programmer yang memiliki hati baik dan hanya mencari keuntungan lewat aplikasinya saja, tetapi terkadang banyak juga para pengembang yang menggunakan keahliannya untuk membuat aplikasi yang bisa mengambil dan mencuri data yang ada pada ponsel Android. Banyak sekali aplikasi yang tak dikenal di Google Play Store sehingga kalian wajib waspada dan teliti. Selalu membaca keterangan dari aplikasi tersebut, siapa pembuatnya, apa fungsinya dan sebagainya.

2. Jangan Meminjamkan Smartphone ke Orang Yang Tidak Dikenal

Tips ini wajib dilakukan oleh pengguna Android apalagi yang menyimpan data-data penting pada smartphone Androidnya. Usahakan selalu memberikan proteksi dengan memasang aplikasi security untuk mengamankan data yang ada. Ingat lah, bukan hanya orang yang tidak dikenal, bahkan orang yang dikenal pun kadang jail dan memiliki keinginan untuk mencuri. Selalu waspada, dan jangan lupa bila memiliki adik yang masih kecil, jangan dipinjamkan karena mungkin saja ketika si adik menggunakan smartphone kita, dia secara tidak sengaja menghapus data-data penting yang tersimpan pada smartphone kalian.

3. Gunakan AntiVirus Berbayar dari Avira ataupun Norman

Antivirus memang wajib ada untuk smartphone saat ini, apalagi untuk smartphone berplatform Android. Jangan menyombongkan diri dengan bergumam “Ah, Android kan basisnya Linux yang jelas aman lah dan nggak akan bisa masuk si virus” karena bukan tidak mungkin dengan menyombongkan diri, ada hacker atau cracker yang merasa tersinggung karena suatu sistem apapun pastilah memiliki celah. Selain itu, berita yang kami baca dibeberapa situs gadget seperti engadget, gsmarena, dan bgr mengatakan bahwa Google Play Store atau toko aplikasi Android adalah sarangnya malware. Kenapa bisa begitu ? karena sistem filterisasi Google dengan Apple kepada AppStorenya sangat jauh berbeda. Apple lebih mengutamakan keamanan aplikasi kepada penggunanya yang terkenal amat sangat loyal dan mau membeli aplikasi yang berbayar di AppStore, sedangkan Android sendiri di Google Play Store memang kurang baik dalam menyaring aplikasi yang masuk dan didaftarkan sehingga akan dengan mudah developer jahat membuat aplikasi malware yang fungsinya mencuri data pada smartphone Android. Jika kalian memiliki uang yang cukup, belilah antivirus yang berbayar karena memiliki fitur-fitur keamanan yang komplit.

4. Jangan Suka Berginta-ganti ROM atau Memodifikasi Sistem Android Tanpa Pengetahuan Yang Cukup

Modifikasi pada smartphone Android adalah hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna Android. Selain karena kemudahan dan banyaknya komunitas yang memberikan informasi secara detail mengenai modifikasi, seorang pengguna Android juga biasanya lebih sering merasa bosan. Bosan dengan tampilan Android yang itu-itu saja, sudah mendownload semua launcher namun belum ada yang pas dan sebagainya termasuk rooting untuk mengganti ROM Android. Saran saya sendiri untuk kalian adalah jangan mudah menggonta ganti ROM Android selain dari ROM buatan Developer terpercaya seperti CyanogenMood yang memang sudah banyak dipakai berbagai pengguna smartphone Android.

Selain tips diatas masih banyak lagi tips untuk menjaga dan mengamankan data smartphone Android. Semoga informasi ini, teman-teman semua bisa lebih bijak dalam menggunakan smartphonenya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Ingat ! Data yang penting jika hilang atau dicuri akan bisa merugikan teman-teman semua, jadi tetaplah waspada dan selalu teliti serta bijaksana.