Tips mudah bangun untuk salat tahajjud

Saya sadar, saya belum menjadi orang yang bener. Belum menjadi orang yang taat dalam beribadah dan sembahyang, belum menjadi orang yang taat dalam menghindari larangan, dan belum pula taat dalam menjalankan perintah-Nya. Akan tetapi, saya senantiasa berusaha berlajar untuk dapat memenuhi dan melaksanakan itu semua, melaksanakan semua yang diperintahkan oleh-Nya. Syukur-syukur bisa mengamalkannya.

Dini hari ini, alhamdulilah, dengan izin Allah, saya dibangunkan untuk melaksanakan salat tahajjud (ini tumben banget, biasanya jarang, jujur deh, saya jarang banget salat tahajjud). Saya bergegas mandi dulu, karena kan mau salat masa ngga mandi dulu, masa mau menghadap Allah, mau ketemuan sama Allah ngga mandi dulu? Kan ngga enak. Lagi pula salah satu syaratnya salat kan badan harus suci dan bersih.

Pertama yang dilakukan adalah salat taubat terlebih dahulu, meminta ampunan atas semua dosa yang telah dilakukan, karena dasarnya manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Termasuk saya. Saya sadar, saya masih termasuk orang yang mudah dalam melakukan dosa, dan mudah juga dalam meninggalkan perkara baik. Kemudian setelah itu salat hajat.

Apabila beres, berdo’alah. Dan yakini bahwa Allah akan mengabulkannya. Itu adalah janji Allah kepada kita, bahwa setiap do’a pasti akan dikabulkan, cuma, kadang, cara Allah untuk mengabulkannya berbeda-beda, ada yang sesuai request, dan ada juga yang diganti dengan yang lebih baik dari pada request. Kemudian baru setelah itu salat tahajjud dan diakhiri dengan salat witir. Jangan lupa dzikir.

Tips mudah bangun untuk salat tahajjud

Kalo kata Pak Ustad Yusuf Mansur sih tips simple aja. Pertama niat dulu, niat mau bangun malam untuk melaksanakan salat tahajjud, terus tidurlah ditempat yang “kurang nyaman” misalnya di sofa, di teras (tapi hati-hati masuk angin ya), tidur di pinggir jalan (sambil ronda) hehe,  terus sebelum tidur minumlah yang banyak tujuannya agar kita bangun karena pengen pipis hehe. Tapi, setelah baca-baca dari sumber yang lain sih, ini tips yang lebih lengkapnya:

  1. Niat
    Yap, segala sesuatu pun yang pertama adalah niat dulu, nawaetu dulu. Mau puasa, mau salat, mau sedekah, mau apapun niat dulu. Baru setelah itu ikhtiar untuk mau bangun tidur (bangun malem).
  2. Tidur lebih awal
    Yaiyalah, tujuannya agar kita ngga kesiangan ketika waktu salat tahajjud tiba. Selain itu juga untuk menghindari dan meniminalisir kita untuk “begadang” karena kurang baik juga buat kesehatan. Selain itu begadang juga akan membuat kita ngantuk di aktivitas siang harinya.
  3. Tidur siang
    Agar waktu tidur kita cukup, cobalah untuk tidur siang bila sempat, waktu yang cocok adalah sebelum waktu salat dzuhur, enak banget ini bro, sambil nunggu waktu salat dzuhur tiba, tidur dulu. Beuh..
  4. Pasang alarm
    Yep, bila jomblo, jangan lupakan fungsi alarm di hape, fungsi alarm ini sangatlah berguna untuk sekedar membantu kita, membangunkan kita agar tidak kesiangan untuk salat tahajjud. Apabila punya gebetan atau pacar, tinggal minta bangunin aja, cara ini akan memacu kita untuk lebih semangat lagi untuk bangun.
  5. Mengetahui faedah dan keutamaan salat tahajjud
    Maka, apabila kita sudah mengetahui faedah dan keutamaan serta manfaat dari salat tahajjud, insya Allah kita akan senantiasa semangat untuk bangun dan melaksanakannya setiap malam, amiin ya mudah-mudahan.
  6. Hindari maksiat
    Nih ya, sebisa mungkin hindari hal yang satu ini, karena maksiat adalah sumber lemahnya kadar iman dan ibadah kita kepada Allah. Mari renungkan poin yang satu ini, karena kadang saya juga suka tidak sadar ketika sedang maksiat, terus khilaf dan keenakan dan akhirnya malah celaka. Yuk perbaiki.
  7. Berdo’a sebelum tidur
    Sebelum tidur, alangkah baiknya berdo’a terlebih dahulu agar kita dapat bangun dengan ringan untuk salat tahajjud. Cara ini juga efektif untuk menumbuhkan kesadaran untuk selalu berdo’a setiap waktu.

Nah, saya kira poin-poin yang telah disebutkan diatas sudah cukup membuat kita bangun untuk salat tahajjud. Apabila dirasa masih kurang, boleh deh ditambahkan di kolom komentar. Dan yang terakhir sih semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kawan semua. Mari renungkan. Dan mari kita lebih rajin lagi bangun malam dan mengerjakan salat tahajjud.